Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 12 Oktober 2012

" TAWURAN KOK JADI BUDAYA ? "


Tawuran pelajar saat ini mulai kembali marak terjadi bahkan sudah menjadi momok bagi masyarakat
Perilaku tawuran pelajar bukan hanya mengakibatkan kerugian harta benda ataupun korban cedera tetapi juga merenggut korban jiwa, beberapa waktu yg lalu kita masih ingat jelas bentroknya siswa SMA N 70 jakarta dengan SMA N 6 jakarta dan lagi lagi kejadian itu kembali menelan korban jiwa yang tewas akibat insiden tersebut. 












Mengapa tawuran pelajar masih sering terjadi ? maraknya tawuran pelajar dipicu oleh banyak factor rendahnya kualitas pribadi social siswa ini yang mendorong mereka berbuat anarki . buruknya kualitas pendidikan juga mendorong  rasa frustasi siswa yang dilampiaskan pada perilaku negative , termasuk tawuran . terkadang masalah terjadinya tawauran hanya sepele saling ejek – ejekan , karena motif balas dendam , Permainan provokator , Gengsi sekolah , Rebutan pacar, Atau, hanya sebagai pengisi kekosongan dan penyalur emosi-emosi saat usia labil.


Apakah tidak ada tindakan untuk mengatasi ini ? sebenarnya pasti ada cara untuk menyelesaikan masalah ini kuncinya “TEGAS” pihak sekolah ataupun aparat harus bersikap tegas kepada pelaku tawuran agar menimbulkan efek jera bagi pelakunya , karena tawuran merupakan tindakan kriminal yang amat sangat meresahkan dan membuat citra pendidikan di Indonesia tercoreng !!!

Solusi berikutnya adalah ,  Ramaikan dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat kerohaniahan agar kondisi emosional siswa tetap terjaga. Dengan begitu, selain ada kegiatan positif, frekuensi konflik yang bisa menyulut tawuran pun bisa terminimalisir.


Apakah ada jaminan dengan cara-cara diatas dapat mencegah dan menanggulangi tawuran? Belum tentu. Tapi setidaknya ada proses, dan KONSISTENSI proses itulah yang seharusnya tetap terus dijaga. Karena kita semua pasti tak ingin tragedi-tragedi tawuran kembali terulang apalagi sampai adanya korban jiwa.





                       STOP TAWURAN ANTAR PELAJAR DAN KEKERASAN PELAJAR
                                                            
                                                                   LEBIH BAIK
                                 
                                        BELAJAR, BERLATIH DAN BERPRESTASI                                                          








2 komentar:

  1. tanggung jawab kita semua untuk menjaga agar tidak terjadi tawuran.....keluarga, sekolah, masyarakat dan pemerintah

    BalasHapus
  2. yap betul sekali pak, tetapi kembali lagi kepada diri kita sendiri sebagai pelajar tugas kita adalah menuntut ilmu dengan benar bukan melakukan tindakan kriminal seperti tawuran, selain merugikan diri sendiri efeknya bisa merugikan bagi masyarakat dan membuat dunia pendidikan tercoreng.

    BalasHapus