Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 22 Juni 2015

VUFORIA


   Vuforia adalah suatu modul yang berisikan library untuk membuat aplikasi berbasis Augmented Reality di perangkat mobile seperti handphone atau tablet PC, saat ini Vuforia mendukung platform Android dan IOS. Vuforia merupakan penerus dari projek Augmented Reality sebelumnya yaitu Qualcomm Augmented Reality (QCAR) yang digantikan pada tahun 2012. Hingga tahun 2013, Vuforia telah dapat dijalankan lebih dari 500 model handphone dan akan semakin bertambah seiring dengan perkembangannya, hal ini menandakan bahwa Vuforia telah menjadi salah satu modul untuk Augmented Reality yang stabil dan baik.

   Untuk penggunaannya, Vuforia tidak disertai dengan tools khusus namun dengan mengintegrasikan modulnya ke Editor lainnya yaitu IDE Eclipse untuk Windows, Xcode untuk MAC dan Editor Unity 3D. Walaupun Vuforia tidak menyertai editor khusus, namun untuk pembuatan markernya, Vuforia menyediakan layanan pembuatan marker secara web-based dimana developer hanya tinggal mengunggah gambar yang akan dijadikan target marker ke website pembuat marker Vuforia.
Vuforia menggunakan teknologi Computer Vision untuk mengenali dan melacak gambar planar (Gambar Target) dan objek 3D sederhana, seperti kotak, secara real-time. Kemampuan registrasi citra ini memungkinkan pengembang untuk posisi dan orientasi objek virtual, seperti model 3D dan media lainnya, dalam kaitannya dengan gambar dunia nyata ketika hal ini dilihat melalui kamera dari perangkat mobile. Objek virtual kemudian melacak posisi dan orientasi dari gambar secara real-time sehingga pengguna perspektif pada objek sesuai dengan perspektif mereka pada target gambar, sehingga tampak bahwa objek virtual adalah bagian dari adegan dunia nyata. Vuforia SDK mendukung berbagai 2D dan 3D jenis sasaran termasuk 'markerless "Image Target, konfigurasi 3D Multi-Target, dan bentuk beralamat Fidusia Marker dikenal sebagai Bingkai Marker. Fitur tambahan dari SDK termasuk lokal Occlusion Deteksi menggunakan 'Virtual Buttons', pemilihan target gambar runtime, dan kemampuan untuk membuat dan mengkonfigurasi ulang sasaran set pemrograman pada runtime .

   Vuforia menyediakan Antarmuka Application Programming (API) di C++, Java, Objective-C, dan Net. bahasa melalui perluasan ke mesin permainan Unity .  Dengan cara ini, SDK mendukung pengembangan asli untuk iOS dan Android sementara juga memungkinkan pengembangan aplikasi AR di Unity yang mudah dibawa ke kedua platform. Aplikasi AR yang dikembangkan menggunakan Vuforia karena itu kompatibel dengan berbagai perangkat mobile termasuk iPhone ( 4 / 4S ), iPad, dan ponsel Android dan tablet yang menjalankan OS Android versi 2.2 atau yang lebih besar dan ARMv6 atau 7 prosesor dengan FPU (Floating Point Satuan) kemampuan pemrosesan.


0 komentar:

Posting Komentar