Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 12 Mei 2013

MANFAAT IPTEK DALAM MENGATASI KEMISKINAN DAN EFEK TEKNOLOGI BAGI MASYARAKAT YANG BELUM SIAP MENTAL


MANFAAT IPTEK DALAM MENGATASI KEMISKINAN DAN EFEK TEKNOLOGI BAGI MASYARAKAT YANG BELUM SIAP MENTAL

Kita ketahui angka kemiskinan di indonesia sangatlah tinggi, masih banyak rakyat yang merasakan hidup di garis kemiskinan menurut survey sampai dengan tahun 2011, tingkat kemiskinan nasional telah dapat diturunkan 12,49% dari 13,33% pada tahun 2010.
tetapi angka tersebut masih tinggi , karna itulah bisa dibilang masih banyak rakyat yang hidup dalam kemiskinan. lalu apakah pemerintah sudah melakukan cara untuk mengatasi masalah kemiskinan ini ? jawabannya adalah sudah tetapi usaha pemerintah belum maksimal misalnya pemerintah telah melakukan pengembangan tenaga kerja, mendorong pembangunan ekonomi dan masih banyak lagi. lalu apakah dengan zaman yang semakin modern, teknologi dapat sebagai alat bantu untuk mengatasi kemiskinan ? 




saat ini apresiasi masyarakat umum masih sangat kurang kepada teknologi, kesadaran akan potensi TIK sebagai penanggulangan kemiskinan seharusnya lebih ditingkatkan dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan, pendekatan seperti ini diharapkan dapat menggugah kaum miskin itu sendiri agar sadar akan eksistensi dan merasakan manfaat dari penggunaan TIK. peningkatan kesadaran ini dapat dilakukan dengan kegiatan seperti seminar, media massa dll. selain itu pemerintah juga dapat melakukan kerjasama dengan perusahaan swasta dan perguruan tinggi untuk menyelenggarakan seminar yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk berbagai bidang, seperti pendidikan, pertanian, perindustrian, dan perdagangan.


dengan demikian, terlihat jelas bahwa pemanfaatan teknologi juga memiliki peranan penting bagi menuntaskan permasalah kemiskinan, terutama di Indonesia.dengan begitu seharusnya pemerintah bisa memakai teknologi sebagai alat bantu mengatasi kemiskinan. tidak hanya itu dengan cara ini dapat membantu meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.


tetapi terdapat juga efek negatif dari teknologi, bagi masyarakat yang belum siap mental teknologi  bisa berdampak negatif misalnya saja AntiSocial Behavior salah satu dampak dimana pengguna teknologi tersebut tidak lagi perduli pada lingkungan sosialnya, orang ini akan cenderung menutup dirinya dan tidak berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. sehingga kemampuan interpersonal dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal, bila hal tersebut tidak ditanggulangi maka terjadi dampak yang buruk dimana manusia lama kelamaan akan individualis.


0 komentar:

Posting Komentar