Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 24 Mei 2013

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN IBD DAN IPS

Pengertian IBD, IBD merupakan singkatan dari (ILMU BUDAYA DASAR) dalam mempelajari IBD kita akan mengetahui bagaimana kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat di suatu daerah atau tempat. Karena banyak sekali kebudayaan yang berbeda yang terdapat pada umat manusia, apalagi di negara indonesia. Di indonesia banyak sekali suku bangsa yang berbeda dan otomatis setiap daerah memili kebuduyaan masing masing yang menjadi ciri khas, banyaknya perbedaan yang terjadi ini di sebabkan karena letak geografis indonesia yang terpisah pisah bisa dibilang dari sabang sampai merauke berjajar pulau pulau. misalnya saja kebudayaan masyarakat di bali, masyarakat di bali masih sangat memegang teguh adat istiadat/ kebiasan yang dilakukan nenek moyangnya dahulu misalnya mengadakan upacara ngaben apabila ada orang yang telah meninggal dunia maka mayatnya akan dibakar, kebiasaan itu masih ada sampai sekarang karna sudah turun temurun dari nenek moyangnya terdahulu, begitupun dengan suku dayak di pulau kalimantan yang masih tinggal dirumah adat dayak yang sudah menjadi ciri khas masyarakat dayak dari zaman dahulu serta masih memakai pakaian yang dipakai sama seperti nenek moyangnya, dan masih memiliki sifat primitif rata rata masyarakat dayak belum ada yang mengenal teknologi seperti televisi,kulkas,hp dll dikarnakan meraka memang tidak ingin budaya lain masuk dan mempertahankan kebudayaan yang mereka miliki.

Berbeda dengan di ibu kota, di daerah jakarta kebanyakan masyrakatya cenderung agak mengabaikan kebudayaan yang mereka miliki, mereka lebih tertarik untuk mengikuti budaya luar atau asing sehingga banyak orang yang sedikit peduli dengan kebudayaan di jakarta walaupun tidak dipungkiri di era globalisasi seperti ini mudah sekali muncul kebudayaan baru yang menjadi kebiasaan masyarakat kota metropolitan, oleh sebab itu sebagi generasi muda haruslah menjaga budaya bangsa ini jangan sampai kebudayaan bangsa ini hilang apalagi direbut oleh bangsa lain.

Pengertian IPS, pasti banyak dari kita yang dulu merasakan pelajaran ips ketika di sekolah menengah pertama, dan beberapa juga pasti ada yang mengambil jurusan ips saat di sekolah menengah atas, sekarang saya akan memberikan sedikit definisi dari ips itu sendiri. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) kita pasti sangat familiar dengan pelajaran ini, di ips ini kita belajar mengenai kejadian kejadian sosial yang terjadi di masyarakat. ips juga mengajarkan adanya hubungan interaksi antara masyarakat yang mengandung nilai nilai edukatif,praktis,teoritis.

Kesimpulannya adalah IBD (Ilmu Budaya Dasar) adalah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan budaya atau adat istiadat mereka masing masing, sedangkan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) merupakan ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan lingkungi sekitarnya.


sumber : http://bayu96ekonomos.wordpress.com/modul-sim/modul-ibd/  http://www.kajianteori.com/2013/02/pengertian-ips-pembelajaan-ilmu.html http://wallinside.com/post-1124927.html

0 komentar:

Posting Komentar