Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 19 November 2014

LibreOffice

Tampilan Awal LibreOffice v. 4.0
Tampilan Awal LibreOffice v. 4.0

LibreOffice adalah sebuah paket aplikasi office suite Open Source perkantoran / pribadi yang kompatibel dengan aplikasi seperti Microsoft Office atau OpenOffice.org dan tersedia dalam berbagai platform seperti.Windows, Macintosh dan Linux. Tujuannya adalah menghasilkan aplikasi perkantoran / rumah yang mendukung format ODF tanpa bergantung pada sebuah pemasok dan keharusan mencantumkan hak cipta. Nama LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor). Sebagai sebuah perangkat lunak bebas dan gratis, LibreOffice bebas untuk diunduh, digunakan, dan didistribusikan. LibreOffice merupakan proyek pengembangan dari OpenOffice.org yang sejak tahun 2010 sudah diakuisisi oleh perusahaan teknologi Oracle. Semua fitur yang ada di OpenOffice ada pula di LibreOffice tetapi ke depannya akan dikembangkan secara lebih terbuka dan mandiri karena dibawah naungan pengembang nirlaba

Fitur Unggulan :
- Menyimpan dan membuka dokumen dengan format ODF (Open Document File)
- Mengekspor dokumen ODF menjadi flat XML.
- Import dokumen Microsoft Visio dan Microsoft Publisher.
- Membuka dokumen *.doc, *.xls dan *.ppt yang biasa digunakan pada Microsot Office 200 dan 2003 serta *.docx, *.xlsx dan *.pptx yang merupakan format dokumen standar untuk aplikasi Microsoft Office 2007 dan terbaru.
- Menyimpan dokumen dalam format PDF.
- Menambahkan Komentar dan Anotasi di Dokumen.
- Aplikasi Remote Control untuk Presentasi.
- Berkolaborasi melalui CMIS Protocol. Fitur terbaru yang memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan pengguna lain dalam mengerjakan suatu dokumen secara online.

Paket Aplikasi dalam LibreOffice

Komponen-komponen LibreOffice sama seperti yang dimiliki OpenOffice.org, yaitu:
Icon LibreOffice Writer
- Writer
Sebuah perangkat lunak pengolah kata dengan fungsi yang hampir sama dan dukungan berkas terhadap Microsoft Word atau WordPerfect. Writer juga dapat berfungsi sebagai editor WYSIWYG dasar.


Icon LibreOffice Calc
- Calc
Sebuah perangkat lunak lembar kerja yang mirip dengan Microsoft Excel atau Lotus 1-2-3. Calc memiliki beberapa fitur unik, termasuk sebuah sistem yang secara otomatis mendefinisikan beberapa elemen grafik sesuai dengan informasi yang diberikan oleh pengguna. Calc masih memiliki fungsi bernama "Solver", tetapi memiliki cara kerja yang berbeda dengan fungsi serupa di OpenOffice.org.


Icon LibreOffice Impress
- Impress
Sebuah program presentasi yang mirip dengan Powerpoint. File Presentasi dapat di ekspor menjadi file SWF (Flash), dapat digunakan atau dibuka pada semua komputer yang terpat instalasi aplikasi Adobe Flash Player, LibreOffice Impress juga terdapat efek transisi 3D.


Icon LibreOffice Base
- Base
Program manajemen database, yang serupa dengan Microsoft Access. LibreOffice Base mengijinkan pembuatan dan manajemen database, persiapan formulir dan laporan yang menyediakan pengguna secara mudah untuk mengakses data. Seperti Akses, Dapat digunakan sebagai banyak variasi sistem database, termasuk Access database (JET), ODBC data source, dan MySQL atau PostgreSQL.


Icon LibreOffice Draw
- Draw
Program editor vektor grafis dan perangkat pembuat diagram yang mirip dengan Microsoft Visio dan sebanding dalam fitur pada versi awal dari CorelDRAW. Libreoffice Draw menyediakan konektor antara bentuk/shapes yang tersedia dalam berbagai gaya garis dan memfasilitasi membangun gambar seperti diagram alur. LibreOffice Draw juga memiliki fitur yang mirip dengan perangkat lunak desktop publishing seperti Scribus dan Microsoft Publisher.


Icon LibreOffice Math
- Math
Program yang dirancang untuk membuat dan mengedit formula matematika. Program ini menggunakan varian dari XML untuk membuat formula yang sudah didefinisikan didalam spesifikasi OpenDocument. Formula ini juga dapat disematkan kedalam dokumen lain di suite LibreOffice (seperti yang dibuat oleh Writer atau Calc) dengan cara menyematkan rumus ke dalam dokumen.

Masa depan pengembangan
Kode sumber LibreOffice berasal dari kode Sumber Openoffice.org, tetapi kedepannya akan terjadi perubahan yang cukup signifikan karena sejak OpenOffice diambil alih Oracle pengembanggannya dianggap kurang mandiri dan LibreOffice akan dikembangkan lebih bebas dan mandiri terutama menghilangkan ketergantungan dari produk-produk Oracle seperti Java. Poin utama pengembangan LibreOffice yaitu:

- Source code rewrite setiap modul dalam LibreOffice.
- Mengurangi ketergantungan LibreOffice pada Java.
- Improvisasi layout fidelity pada Writer dan slideshow fidelity pada Impress.
- Konversi format dari office suite lain yang lebih baik

Versi terakhir yang sudah dirilis dan dapat di unduh yaitu versi LibreOffice 4.0.2

Spesifikasi Minimal Komputer:
- Windows
Prasyarat perangkat lunak dan perangkat keras untuk menginstal LibreOffice pada sistem Windows adalah sebagai berikut:
- Microsoft Windows XP, Vista, Windows 7, atau Windows 8;
- Pentium-kompatibel (Pentium III, Athlon atau yang lebih baru direkomendasikan);
- 256 Mb RAM (512 Mb RAM direkomendasikan);
- 1,5 Gb ruang hard disk kosong;
- Resolusi 1024x768 (resolusi yang lebih tinggi direkomendasikan), dengan setidaknya 256 warna.
Hak administrator diperlukan untuk proses instalasi. Ini adalah praktek terbaik yang direkomendasikan untuk back-up sistem anda dan data sebelum Anda menghapus atau menginstal software.
Untuk fitur tertentu dari perangkat lunak - tapi tidak mesti - Java diperlukan. Java terutama diperlukan untuk Base.

- Macintosh
Prasyarat perangkat lunak dan perangkat keras untuk menginstal pada komputer Macintosh adalah sebagai berikut:
- MacOSX 10.4 (Tiger) atau yang lebih tinggi;
- Intel atau PowerPC prosesor;
- 512 Mb RAM;
- Hingga 800 Mb ruang hard disk kosong;
- 1024x768 grafis perangkat dengan 256 warna (resolusi yang lebih tinggi direkomendasikan).
Untuk fitur tertentu dari perangkat lunak - tapi tidak kebanyakan - Java diperlukan. Java terutama diperlukan untuk Base.

- Linux
Prasyarat perangkat lunak dan perangkat keras untuk menginstal di Linux adalah sebagai berikut:
-Linux kernel versi 2.6.18 atau yang lebih tinggi;glibc2 versi 2.5 atau yang lebih tinggi;gtk versi 2.10.4 atau lebih tinggi;
- Pentium-kompatibel (Pentium III, Athlon atau lebih baru direkomendasikan);- 256Mb RAM (512Mb RAM direkomendasikan);
- 1.55Gb ruang hard disk kosong;
- X Server dengan resolusi 1024x768 (resolusi yang lebih tinggi direkomendasikan), dengan setidaknya 256 warna;
- Gnome 2.16 atau lebih tinggi, dengan gail 1.8.6 dan di-spi 1,7 paket (diperlukan untuk mendukung teknologi bantu [AT] alat), atau lain GUI yang kompatibel (antara lain seperti KDE ).

Unduh paket aplikasi Libre Office :
http://www.libreoffice.org/download
alternatif link unduhan

0 komentar:

Posting Komentar