Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 30 Oktober 2014

TREND JARINGAN KOMPUTER

Penggunaan jaringan komputer dalam kehidupan saat ini, boleh dikatakan perkembangannya sangatlah massive, seiring dengan ledakan pertumbuhan jaringan internet yang eksponensial, pemanfaatan, pengembangan dan saling berbagi aplikasi dan sumber daya (resources) terus mengalami pembaruan (update) dari hari ke hari. Pengalamatan perangkat berbasis protokol IP Address pun kini semakin fokus dikembangkan. Trend dan tuntutan akan kebutuhan jaringan yang reliable, maintainability, dan availability (RMA) menjadi peluang kepada setiap penyedia layanan untuk dapat berkompetisi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berikut beberapa metrics mengenai seperti apa trend jaringan komputer ke depan.
  1. Beragam Layanan Berbagai Jaringan
    Telepon, radio, televisi, dan jaringan data komputer yang tradisional masing-masing memiliki versi individual dari empat elemen dasar jaringan. Di waku dulu, setiap layanan tersebu memerlukan eknologi yang berbeda untuk membawa sinyal komunikasi masing-masing. Selain itu, masing-masing layanan memiliki sekumpulan aturan dan standar masing-masing untuk memastikan keberhasilan komunikasi dari sinyal-sinyal tersebut melalui media khusus tertentu. 
    Multiple Networks (Berbagai layanan berjalan pada berbagai jaringan yang berbeda)
  2. Jaringan yang Menyatu (Konvergensi Jaringan)
    Kemajuan teknologi member kita kemampuan unuk menggabungkan berbagai jaringan yang terpisah tadi menjadi satu platform, suatu platform yang didefinisikan sebagai jaringan yang menyatu (converged network). Aliran dari suara, video, dan data berjalan melalui jaringan yang sama.

    Converged Networks (Jaringan data yang menyatu, membawa berbagai layanan melalui sebuah jaringan yang sama)
  3. Perencanaan Masa Depan
    Kecepatan terjadinya pengembangan berbagai aplikasi baru (converged network) dapat dianggap sebagai akibat dari ekspansi internet yang sangat cepat. Ekspansi ersebut telah menciptakan basis pengguna yang lebih luas untuk berkomunikasi ataupun memanfaatkan layanan yang diberikan. Mekanisme dan proses dibalik layar yang mengarahkan ledakan pertumbuhan secara massive tersebut telah menghasilkan arsitektur jaringan yang fleksibel sekaligus mudah dikembangkan (scalable). Sebagai platformteknologi pendukung untuk kehidupan, pembelajaran, pekerjaan, dan permainan, arsiektur jaringan dari internet harus beradaptasi terhadap kebutuhan layanan dan keamanan berkualitas tinggi yang selalu berubah.
    Jaringan manusia ada dimana-mana
Arah Pengembangan Jaringan Komputer

Penyatuan (konvergensi) berbagai media komunikasi yang berbeda ke dalam sebuah platform jaringan, memberi suatu pemicu bagi pertumbuhan kemampuan jaringan secara eksponesial. Terdapat tiga rend utama yang memiliki kontribusi terhadap bentuk jaringan komunikasi yang kompleks dimasa depan.
  1. Peningkatan Jumlah Pengguna Mobile.
    Dengan bertambahnya jumlah pekerja dan pengguna mobile dan penambahan jumlah perangkat genggam (hand-held device), kita semakin memerlukan koneksi bergerak (mobile) ke jaringan data. Kebutuhan ini telah menciptakan pasar untuk layanan nirkabel yang memiliki fleksibilitas, cakupan, dan keamanan yang lebih.
  2. Peningkatan Jumlah Perangkat yang Dapat Terhubung Ke Jaringan.
    Komputer hanyalah salah satu perangkat pada jaringan informasi saat ini. Kita mendapati ledakan pertumbuhan teknologi baru yang menarik yang sangat menguntungkan dari kegiatan berkomunikasi dan saling berbagi satu sama lainnya.
    Contoh penerapan fungsi teknologi yang diberikan oleh ponsel, personal digital assistans (PDA), organizer, dan penyeranta (pager) telah menyatu kedalam sebuah perangkat gengam (smart phone), dengan koneksi, layanan dan isi yang selalu update. Perangkat-perangkat tersebut, awalnya dianggap sebagai mainan atau barang mewah, namun saat ini telah menjadi bagian integral dari cara kita hidup dan berkomunikasi. Selain perangkat bergerak, kita juga mendapai perangkat Voice Over IP (VOIP), game system, dan berbagai macam gadget, (perkakas dengan fungsi khusus) rumah tangga maupun bisnis yang dapat terhubung yang menggunakan layanan jaringan data.  
  3. Jangkauan Layanan yang Semakin Luas.
    Penerimaan teknologi secara luas, dan kecepatan inovasi dalam layanan melalui jaringan, dapat menciptakan keergantungan teknologi. Untuk memenuhi permintaan pengguna, layanan baru diperkenalkan dan layanan lama ditingkatkan. Begitu pengguna mulai mempercayai layanan yang diperluas ini, mereka menginginkan kemampuan yang lebih baik lagi. Jaringan kemudian tumbuh untuk mendukung permintaan yang semakin bertambah. Orang-orang bergantung kepada layanan yang disediakan melalui jaringan, dan karenanya bergantung kepada ketersediaan dan kehandalan infrastruktur jaringan yang ada.
    Tantangan untuk tetap dapat mengikuti perkembangan jaringan dan layanan bagi pelanggan, merupakan tenggung jawab bagi professional IT dan jaringan.
    Pengguna dan pekerja mobile akan semakin bergantung kepada jaringan data, layanan baru dan penggunaan berbagai perangkat

0 komentar:

Posting Komentar