Istilah organisasi dapat diartikan sebagai berikut :
Wadah : sekelompok / sekumpulan manusia yang memiliki tujuan untuk saling bekerjasama
Proses : Pengelompokan manusia dalam suatu kerjasama yang efisien
Sedangkan istilah metode secara etimologis, metode berasal dari kata 'met' dan 'hodes' yang berarti melalui, yang artinya adalah cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan keinginin dan hasil yang efisien.
Pengertia organisasi dan metode secara lengkap :
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegiatan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen dan hasilnya terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi agar mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Dari pengertian berikut terkandung beberapa maksud yaitu :
- Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat - tepatnya
- Organisasi dan metode penting bagi manajemen
- Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber - sumber dan waktu yang ada
- Organisasi dan metode dapat meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan
Pada hakikatnya, bisa dikatakan bahwa manajemen merupakan proses kegiatan seorang manajer ( pimpinan ) yang harus dilakukan ddengan mempergunakan cara - cara pemikiran yang rasional meupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerjasama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber - sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara setepat - tepatnya.
Berikut kegiatan dari manajemen :
- Planning
- Organizing
- Motivating
- Controlling
2. MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui proses kerjasama antar manusia, rumusan tersebut mengandung adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama di satu pihak dengan tujuan pihak lain. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuknya organisasi yang pada pokoknya secara fungsional yang dapat diartikan sekelompok manusia yang saling bekerjasama secara efisien untuk mencapai suatu tujuan. Jadi dalam kerangka manajemen maka harus ada organisasi.
3. MANAJEMEN DAN TATA KERJA
Tata kerja adalah suatu cara bagaimana agar sumber - usmber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga kegiatan manajemen juga dapat berjalan dengan tepat. dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis.
Tujuan Pokok Tata Kerja :
- menghindari terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber - sumber dan waktu yang tersedia.
- menghindari kemacetan - kemacetan dan ketidakjelasan dalam proses pencapaian tujuan.
- menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi, hubungan antara manajemen dan tata kerja adalah :
Manajemen :
menjelaskan perlu adanya proses kegiatan sumber - sumber serta waktu sebagai faktor - faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
menjelaskan perlu adanya proses kegiatan sumber - sumber serta waktu sebagai faktor - faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja :
menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber - sumber dan waktu yang tersedia.
menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber - sumber dan waktu yang tersedia.
4. MANAJEMEN, ORGANISASI, DAN TATA KERJA
Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara tiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
- Manajemen : proses kpencapaian tujuan melalui proses kerjasama antara manusisa
- Organisasi : alat bagi pencapian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan kerjasama
- Tata - Tata kerja : cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang efisien
Dari konsep tersebut, disimpulkan bahwa manajemen , organisasi , dan tata kerja memiliki hubungan yang saling terkait untuk tercapainya suatu tujuan.
DAFTAR PUSTAKA :
http://carapedia.com/pengertian_definisi_metode_menurut_para_ahli_info497.html
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/index-pengantar_organisasi_dan_metode.htm
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/index-pengantar_organisasi_dan_metode.htm
Widyatmini & Izzaki . A Pengantar Organisasi & metode , Gunadarma , Jakarta , 1995
0 komentar:
Posting Komentar