Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 31 Maret 2016

ETIKA DAN PROFESIONALISME PADA APLIKASI WADAH JUAL-BELI KASKUS







Nama Anggota :

Bayu Ahmad prakoso( 11112377)
M.Ali akbar S(14112297)
M.Hendriansyah( 14112632)
M.Kahfi (15112000)
M.Ilham Ma’aarij (14112746)

Kelas: 4KA18

KASKUS

Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 6 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk,bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting.

Menurut Alexa.com, pada bulan Juli 2014 Kaskus berada di peringkat 285 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Pada tanggal 26 Mei 2012, Kaskus mengalami gangguan pada DNS (Domain Name System) pada domain .us. Sehingga, pada 27 Mei 2012, Kaskus berpindah domain yang mulanya berdomain .us sekarang menjadi .co.id

 - Penghargaan yang didapat Andrew Darwis

  •   2005, 2006: The best Indonesian Communities versi Alexa.com dan Wikipedia.
  • 2008: Oleh Microsoft : KASKUS Web Site that recognized as Indonesia Inovative Top Web Site (2008).
  •  2009: Oleh Indosat : KASKUS – The Online Inspiring Award 2009.

ETIKA DAN PROFESIONALISME PADA KASKUS

     Setiap perkembangan zaman selalu ada yang berubah. Yang sedang marak saat ini adalah belanja online. Dengan berbagai kemudahan yang bisa didapat dengan belanja online. Saya pertama kali mengetahui adanya belanja online justru bukan karena adanya Amazon, atau bahkan eBay. Kami mengetahui adanya jual beli online dari Kaskus (produk asli Indonesia). Maklum, waktu SMK dulu lagi booming yang namanya internet, dan forum yang sedang teman-teman saya gandrungi ya Kaskus. Kenapa Kaskus? Kaskus itu simpel dan merata untuk semua kalangan. Nggak perlu kartu kredit-kartu kreditan. Saling bertemunya penjual dan pembeli di tempat tertentu pun sudah bisa beli barang. Nggak ribet, pangsa pasar lebih luas, dan tambah kenalan relasi bisnis baru. Belum lagi diperkuat oleh banyaknya komunitas regional sesama pengguna Kaskus. Tapi semenjak bayaknya penipuan-penipuan, saat ini saya cenderung percaya kepada toko online yang lebih profesional.

      Toko online seperti Lazada misalnya yang memberikan garansi terhadap ketidakpuasan pelanggan. Saya pernah hampir melakukan transaksi di Lazada, tapi dikarenakan terlambat melakukan transfer, order saya otomatis dibatalkan secara otomatis hehehe… Tapi nggak apa-apa kan? Toh sama-sama nggak rugi. Berbagai situs-situs sejenis pun bermunculan. Mulai dari Blibli, Elevenia, Zalora, dan lainnya. Kok malah cerita pengalaman pribadi begini ya? Oke deh. Sebenernya tugas dari pak Akbar itu mengenai apa pandangan saya terhadap maraknya situs jual beli online terhadap diri saya, apakah saya termotivasi menjadi salah satu orang yang menjadi pelaku bisnis retail online juga? Sejurunya saya jawab : Ya, saya sangat ingin dan saya termotivasi. Bahkan penulisan ilmiah saya pun bertema situs jual beli online, karena menurut saya media internet sangat efektif untuk meningkatkan pangsa pasar sampai level internasional.

Gambar Keuntungan

+/+ KELEBIHAN
  •     Membernya banyak
  •     Disediainnya spesifikasi forum untuk member.
  •      Pola (tata letak) yang sudah cukup baik.
  •     Banner iklan ngga mengganggu aktivitas member dan        menguntungkan sponsor.
  •     Tiap member bebas untuk menulis thread apapun (junk or non junk   konsekuensi berlaku)
  •      Emoticonnya banyak yang mempercantik tampilannya sendiri.
  •      Fungsi komen yang simpel dan ada fitur Quote dan juga Multy-        Quote.
  •    Apresiasi / depresiasi reputasi terhadap sesama member dengan  lambang berwarna.
  •    Kebebasan beropini.

-/- KEKURANGAN
  • Moderator-based alias pengalihan kuasa pada moderator.
  • Member bisa memberikan sinyal thread buruk dengan aksi lapor hansip (kurang efektif)
  • Fitur aplikasi friend - menurut gue junk alias sampah gak guna banget.
  • Pembatasan memberi reputasi (payahh...)
  •  Jelas2 subjektivitas berperan di sini. Bisa terjadi perang antar member kan?
  • Moderator juga banyak yang ga jelas!
  •   Fungsi poll cuman untuk satu pertanyaan aja (ga bisa banyak2)
  • Banyak junker yang masih belum terperangkap.
  •  Ngga usah pake alasan jumlah member ga sama dengan jumlah momod! tugas momod buat apa hayo?!!
  • Fitur Kaskus Donator yang ternyata masih kurang menarik value-addednya (coba dikasih point utk undian doorprize?)
  •  Masih banyak member yang acuh terhadap Forum Rules. Buktinya??? Jumlah klik VIEW-nya masih lebih rendah dibanding thread gue yang dihapus sama momod puyuh!
  •  Jelas2 masih kalah sama online shop lain dalam hal TRUST seller-nya di bagian FJB.

Alamat kantor kaskus :

Alamat kaskus yang baru adalah bertempat di Menara Palma lantai

10 dan 11, kuningan, Jakarta